Artikel Terbaru
Kategori

LEMBAGA EKONOMI DESA SUKA DAMAI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU

image

LED Suka Damai terletak di desa Tanjung Beringin Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Perjalanan menuju kantor LED Suka Damai ditempuh dengan menggunakan transportasi air yaitu  perahu motor/robin(istilah masyarakat tempatan) selama lebih kurang 1,5 jam dari daerah Gema, ibukota kecamatan Kampar Kiri Hulu.

LED Suka damai dibentuk pada akhir tahun 2009 oleh masyarakat desa Taanjung Beringin sebagai organisasi mikro desa yang memberikan pelayanan keuangan pada warga desa Tanjung Beringin dengan tujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga desa. Kepengurusan LED Suka Damai tahun 2013 terdiri dari Nasrun (Ketua) dan Arman (Sekretaris), dibawah pengawasan Kepala Desa ( Saib M), TPP PEMKL (Marjon), TPL ( Habibi), dan Account Officer (Jhonni Iswara).

Permodalan LED Suka Damai berasal dari dana hibah, simpanan-simpanan anggota dan perolehan sisa hasil usaha. Sampai bulan Juni 2013 asset LED Suka damai tercatat 290 Juta Rupiah dengan perguliran jumlah pinjaman 723 Juta Rupiah kepada 12 Kelompok Usaha Bersama yang beranggotakan 113 orang.

Pada tahun awal pembentukan LED Suka Damai Pada Masa Ketua LED Baktiar (2009-2012) berbagai kegiatan LED suka Damai telah dijalankan dengan sangat baik dan maksimal, walaupun dengan kantor sementara dan seadanya di rumah sekretaris LED Suka Damai ( Arman). Seiring perjalanan waktu Pak Baktiar mengundurkan diri karena beliau bekerja di luar desa. Regenerasi terjadi dan dipilih secara aklamasi ketua baru,Nasrun. Ketua Led Suka damai ini merupakan seorang Alumnus Ilmu Pemerintahan UIR dengan sosok idealis. Beliau berniat memajukan masyarakatnya dengan memperbaiki administrasi dan perkantoran LED Suka Damai. Bangunan kayu usang di depan rumahnya (Nasrun) disulap sebagai Kantor baru LED Suka Damai. Kantor baru LED inipun berubah dengan cepatnya disamping sebagai pusat administrasi sekarang juga menjadi salah satu wadah berkumpul warga di malam hari dan ajang bertukar pikiran.

Led Suka Damai ini telah memberi manfaat yang banyak bagi warga desa Tanjung Beringin yang mayoritas penduduknya bermatapencarian sebagai petani karet. Geliat ekonomi sangat terasa di desa Tanjung beringin sejak berdirinya LED Suka Damai terlihat dengan peningkatan kesejahteraan penuturan beberapa orang warga. Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya secara drastis kepemilikan perahu motor/robin yang berarti lancarnya transportasi warga dalam berkebun maupun menjual hasil kebun, yang selama ini menjadi alasan klasik bagi Desa Tanjung Beringin. Ditulis Oleh : Jhonni Iswara AO 4 PUMMK


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+3+3

UNTUK KESEJAHTERAAN
image

Fasilitator PEM

 

Komentar Terbaru
Cek Nama Domain Anda !

Cek Nama Domain ?

Copyright © 2018 Sekretariat FPEM · All Rights Reserved